Senin, 26 Maret 2012

Melawan Virus Dengan Folder

Sebelumnya saya mohon maaf kepada semua karena akhir-akhir ini saya kurang aktif ng-blog.selain karena belum dapat paket internet yang cocok dengan kantong juga dikarenakan sibuk di dunia nyata (curhat sedikit).Pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing tentang Melawan Virus Dengan Folder,Pengalaman saya waktu On The Job Training di industri di sebuah lembaga Pelatihan Komputer.waktu itu saya buka-buka sebuah komputer ternyata drive C di pasang deepfreeze tetapi kok masih deepfreeze 5 ?mudah di bobol kalau begitu ^_^,malah membicarakan deepfreeze,mari lanjut ke topik kita saya membuka drive D sebuah computer dan sebuah penampakan yang tidak mengenakkan ada di depan mata,tuan smadav lagi beraksi nih….lihat gambar di bawah ini.

Smadav mendeteksi adanya virus New Heur Level (9).tetapi walaupun sudah di bersihkan oleh smadav dan delete manual virus tersebut masih tetap bertengger ria di sana.saya coba membuka Command Prompt (CMD).saya masuk pada drive D.saya coba membuat folder dengan nama persis seperti nama virus tadi yaitu yvmss.exe dengan cara md yvmss.exe.diamkan sejenak jangan tekan enter terlebih dahulu,tapi sebelumnya harus mendelete virus di drive D secara manual dengan cara shift+delete pada virus tersebut dan secepatnya kita masuk command prompt dan tekan enter.catatan:tapi perlu di ingat waktu akan menghapus pastikan tidak sedang berjalan diproses virus tersebut,untuk melihatnya buka task manager (CTRL+SHIFT+ESC atau bisa juga CTRL+ALT+DEL).kalau sedang berjalan kill saja prosesnya lalu shift+delete cepat-cepat tekan enter di command prompt.lihat gambar untuk jelasnya.
Agar folder yang dibuat tadi aman maka kita buat menjadi system,tersembunyi,dan read-only pada folder tadi dengan cara ketik attrib +s +h +r yvmss.exe lalu tekan enter pada command prompt.nanti folder yang kita buat tadi sudah tidak kelihatan lagi di explorer.setelah saya selesai ternyata virus yang tadi tidak kembali lagi dan smadav tidak mendeteksi kembali.tapi saya tidak yakin 100% bersih karena PC tersebut hanya menggunakan Anti Virus Smadav saja,tidak menggunakan Anti Virus yang Luar Nageri seperti Avira,Norton,Avast,Kaspersky,Bit Defender atau yang lain. -->[MELAWAN FILE DENGAN FOLDER]


Selain itu flasdisk saya pernah di pinjam teman saya,setelah dikembalikan saya colokkan PC langsung saya masuk ke command prompt terlebih dahulu,tidak membuka explorernya.setelah saya masuk pada drive flasdisk saya.saya asumsikan di PC tersebut flasdisk saya berletter E jadi pada jendela command prompt ketikkan e: lalu enter.lihat apa-apa saja yang ada di dalamnya,ketikkan dir lalu enter.untuk melihat apa-apa yang tersembunyi ketikkan dir/ah lalu enter.waktu itu saya menemukan folder RECYCLER.langsung saya delete folder recycler tersebut karena biasanya berisi ratusan bahkan ribuan virus,teman pernah mengalami..ketik rd/s RECYCLER lalu enter dan tunggu beberapa second,proses penghapusan sedang berlangsung,setelah selesai saya membuat sebuah file yang bernama RECYCLER dengan cara ketik copy con RECYCLER lalu enter,setelah itu tekan CTRL+Z dan enter,maka akan ada konfirmasi "1 file (s) copied" kita sudah membuat file RECYCLER untuk selanjutnya kita ketikkan lagi attrib + s +h +h RECYCLER dan tekan enter,lalu fungsi dari rd/s sendiri menghapus sebuah folder sampai ke sub-sub foldernya.setelah di hapus saya scan dulu dengan Anti Virus yang terupdate rutin sebelum saya membuka flasdisknya.

Selain RECYCLER ada juga autorun.inf.kalau autorun.inf setelah anda hapus anda bisa memanfaatkan Smadav.jika tidak bisa di hapus coba masuk command prompt,masuk drive flasdisk yang dimaksud.ketikkan attrib –s –r –h autorun.inf lalu enter,setelah itu coba ketikkan rd/s autorun.inf lalu enter.setelah berhasil anda eject flasdisk anda.masukkan lagi jika ada tampilan smadav “Do You Want to Add a protection to your flash disk (more immune from virus infection)?”.klik OK maka flashdisk anda sudah ada perlindungan autorun buatan smadav. -->[MELAWAN FOLDER DENGAN FILE]

Jadi "musuh" anda itu file maka lawanlah/buat dengan folder seperti cara di atas,sebaliknya jika "musuh" anda itu folder lawanlah dengan file.file maupun folder yang dibuat jangan lupa attributnya dibuat menjadi system(+s) hidden (+h) dan read only (+r).

Untuk anda yang masih bingung dengan perintah-perintah di command prompt bisa ketikkan help,jika ingin tahu lebih lanjut mengenai suatu perintah,misalnya perintah dir anda bisa ketikkan dir/? lalu enter.
Jika ada kata-kata yang kurang jelas mungkin dapat di tanyakan di dalam komentar..

1 komentar:

  1. yah copas dari blog gue....
    TANPA SUMBER LAGI..
    hargailah karya orang lain

    BalasHapus