Selasa, 24 April 2012

Tips Merawat Baterai Laptop agar lebih Awet

Kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana agar baterai laptop menjadi lebih awet alias tidak cepat rusak. Memang setiap baterai memiliki batas usia yang dipengaruhi oleh merk dan cara penggunaanya termasuk siklus pengecasan yang dilakukan, juga mempengaruhi usia baterai tersebut.
Berikut adalah beberapa alternatif untuk menjaga agar baterai laptop menjadi lebih awet :
  • Sebaiknya jangan bekerja dengan laptop sambil mengisi baterai (recharge);
  • Jika Anda bermaksud melakukan pengisian baterai laptop, sebaiknya laptop dalam keadaan mati (Off);
  • Jika level baterai sudah mendekati 10%, sebaiknya hentikan pekerjaan Anda, matikan laptop, baru kemudian lakukan recharge;
  • Jika Anda akan bekerja cukup lama, Anda bisa melepas baterai dan langsung menggunakan sumber listrik yang ada. Namun pastikan tegangan listrik di rumah Anda cukup stabil, karena naiknya tegangan listrik yang cukup signifikan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen laptop, terutama mainboard.
Tips - tips diatas adalah hanya sebagian dari sekian banyak alternatif untuk merawat baterai laptop agar lebih tahan lama karena masih banyak alternatif yang lain. Seperti yang saya tuliskan diatas, bahwa usia baterai juga dipengaruhi oleh merk. Beda merk bisa jadi cara perawatannya juga akan berbeda.

Terima kasih, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar